Rabu, 14 Maret 2012

MENJADI ORANG YANG SUKSES

MENJADI ORANG YANG SUKSES

Mau sukses dalam bekerja? Pasti anda mau. Kesuksesan mampu membawa hidup pada tingkat yang labih baik. Namun tidak semua usaha anda berjalan baik untuk meraih sukses. Memang dibutuhkan suatu kesabaran. Tapi tidak cukup itu saja. Ada beberapa hal ini yang lain harus anda lakukan.
Cara jitu capai sukses adalah:

    1.   Hilangkan rasa takut gagal
Saat melakukan sesuatu adakalanya anda gugup. Kemudian timbullah perasaan tidak mampu dan gagal. Misalnya saja ketika melakukan presentasi di kantor. Sesaat sebelum presentasi anda merasa gugup lalu anda yang mulai tidak percaya diri pada kemampuan anda. Dalam pikiran anda muncul adalah hal-hal negatif, seperti presentasi ditolak, bos marah dan hal lain. Coba anda tarik nafas panjang. Berpikirlah jernih dan selalu bayangkan hal yang positif, jangan ada bayangan atau perasaan  gagal.

    2.   Jangan mengeluh terus menerus.
Apakah anda sering menggerutu, mengeluh? Sebaiknya anda mulai mengurangi hal itu. Menggerutu adalah bagian dari hambatan untuk sukses. Anda mungkin tak sadar ketika sedang menggerutu. Namun hal ini pasti sering anda lakukan. Misalnya saat anda diberi pekerjaan lebih oleh atasan, lalu dalam hati anda berkata ‘’aduuuhh... yang ini belum selesai masih diberi lagi”.  Inilah gerutu tak penting yang mempengaruhi kesuksesan anda. Apakah hal ini sering terjadi? Coba hilangkan perlahan.

    3.   Jangan tunda pekerjaan
Pekerjaan memang serong kali menumpuk. Melihat kearah tumpukan pekerjaan, membuat kita merasa terbebani. Jangan menunda pekerjaan sekecil apapun itu. Coba selesaikan sedikit demi sedikit apabila memang sangat banyak. Jika anda adalah seorang yang pelupa coba buat daftar pekerjaan yang harus anda lakukan. Berikan setiap tanda apabila kerjaan itu selesai.

    4.   Fokus pada pekerjaan
Fokus pada sesuatu memang agak sulit. Masalah yang anda hadapi sehari-hari cenderung memperburuk masalah. Berusahalah lebih professional. Bagi waktu dan pikiran untuk pekerjaan kantor dan untuk hal pribadi. Tuangkan konsentrasi lebih pada pekerjaan agar hasilnya memuaskan.

    5.   Disiplin
Ini yang cukup sulit. Rata-rata kedisiplinan masyarakat indonesia sangat kurang. Jadi anda benar-benar harus disiplin terhadap diri anda. Jangan meremehkan hal – hal kecil. Jam datang kekantor itu merupakan tolok ukur yang sederhana mengukur kedisiplinan kita. Hal yang sulit dilakukan, karena pada diri sendiri saja anda akan mangatakan kalau jalan macet tak mungkin datang tepat waktu.

    6.   Terbuka pada pendapat orang lain
Dinilai oleh orang lain suatu yang penting. Kita tidak bisa menilai diri sendiri karena kita tak cukup obyektif. Terima pendapat orang lain. Tanyakan pada atasan atau rekan apa yang kurang dari diri anda. Kemudian perbaiki hal tersebut sedikit demi sedikit.

Henik rosyidah
11308055
TBI-B



Tidak ada komentar:

Posting Komentar