MENJADI ORANG
YANG SUKSES
Mau sukses dalam bekerja? Pasti anda mau. Kesuksesan
mampu membawa hidup pada tingkat yang labih baik. Namun tidak semua usaha anda
berjalan baik untuk meraih sukses. Memang dibutuhkan suatu kesabaran. Tapi tidak
cukup itu saja. Ada beberapa hal ini yang lain harus anda lakukan.
Cara jitu capai sukses adalah:
1. Hilangkan
rasa takut gagal
Saat melakukan sesuatu
adakalanya anda gugup. Kemudian timbullah perasaan tidak mampu dan gagal. Misalnya
saja ketika melakukan presentasi di kantor. Sesaat sebelum presentasi anda
merasa gugup lalu anda yang mulai tidak percaya diri pada kemampuan anda. Dalam
pikiran anda muncul adalah hal-hal negatif, seperti presentasi ditolak, bos
marah dan hal lain. Coba anda tarik nafas panjang. Berpikirlah
jernih
dan selalu
bayangkan hal yang positif,
jangan ada bayangan atau perasaan gagal.
2. Jangan
mengeluh terus menerus.
Apakah anda sering menggerutu,
mengeluh? Sebaiknya anda mulai mengurangi hal itu. Menggerutu adalah bagian
dari hambatan untuk sukses. Anda mungkin tak sadar ketika sedang menggerutu. Namun
hal ini pasti sering anda lakukan. Misalnya saat anda diberi pekerjaan lebih
oleh atasan, lalu dalam hati anda berkata ‘’aduuuhh... yang ini belum selesai
masih diberi lagi”. Inilah gerutu tak
penting yang mempengaruhi kesuksesan anda. Apakah hal ini sering terjadi? Coba hilangkan
perlahan.
3. Jangan
tunda pekerjaan
Pekerjaan memang serong kali
menumpuk. Melihat kearah tumpukan pekerjaan, membuat kita merasa terbebani. Jangan
menunda pekerjaan sekecil apapun itu. Coba selesaikan sedikit demi sedikit
apabila memang sangat banyak. Jika anda adalah seorang yang pelupa coba buat daftar pekerjaan yang harus anda
lakukan. Berikan setiap tanda
apabila kerjaan itu selesai.
4. Fokus
pada pekerjaan
Fokus pada sesuatu memang agak
sulit. Masalah yang anda hadapi sehari-hari cenderung memperburuk masalah. Berusahalah lebih
professional.
Bagi
waktu dan pikiran untuk pekerjaan kantor dan untuk hal pribadi. Tuangkan konsentrasi
lebih pada pekerjaan agar hasilnya memuaskan.
5. Disiplin
Ini yang cukup sulit. Rata-rata
kedisiplinan masyarakat indonesia sangat kurang. Jadi anda benar-benar harus
disiplin terhadap diri anda. Jangan meremehkan hal – hal kecil. Jam datang
kekantor itu merupakan tolok ukur yang sederhana mengukur kedisiplinan kita. Hal
yang sulit dilakukan, karena pada diri sendiri saja anda akan mangatakan kalau
jalan macet tak mungkin datang tepat waktu.
6. Terbuka
pada pendapat orang lain
Dinilai oleh orang lain suatu yang penting. Kita
tidak bisa menilai diri sendiri karena kita tak cukup obyektif. Terima pendapat
orang lain. Tanyakan pada atasan atau rekan apa yang kurang dari diri anda. Kemudian
perbaiki hal tersebut sedikit demi sedikit.
Henik rosyidah
11308055
TBI-B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar